Terbaik news | Cerita Dewasa |

JERNIH DALAM MELIHAT DUNIA

Viral, Video Petani Semangka Angkut Hasil Panen Pakai Sampan, Ini Ceritanya

Terbaiknews.com – Sebuah video yang menunjukkan aktivitas petani semangka mengangkut hasil panennya menggunakan sampan yang ditarik oleh sebuah perahu motor beredar luas di media sosial, khususnya Instagram.

Salah satu akun yang mengunggah video ini, @indoflashlight, menyebutkan, peristiwa ini terjadi di Kalimantan Selatan. “Salah satu kegiatan petani di Desa Baruh Jaya, Daha Selatan.

Dimana hasil panen di bawa menggunakan perahu yang telah di modifikasi sedemikian rupa. Apa lagi buah yang di bawa, jangan ditanya segarnya tentunya bisa membuat lidah bergoyang.

Sahabat, masyarakat disini sudah terbiasa membawa hasil panen dengan mengarungi sungai ini karena dianggap lebih mudah dan cepat.

Sangat kreatif ya, menurut IF tmpat ini sangat berpotensi menjadi tujuan wisata masyarakat lokal maupun mancanegara karena unik serta kental akan budaya tradisionalnya,” demikian caption pada video yang diunggah tersebut.

Baca juga : Jokowi: Tunjangan Kinerja TNI-Polri Naik 70 Persen, Cair Juli

Video ini telah ditonton lebih dari 190 ribu kali dan dibanjiri ratusan komentar.


Setelah ditelusuri, video berdurasi 19 detik ini direkam dan diunggah oleh pengguna akun Instagram, @garih_tauman, bernama Rasyid Ridha.

Saat dihubungi Terbaiknews.com, Rasyid menceritakan kisah di balik video tersebut. Ia mengungkapkan, video tersebut direkamnya pada Minggu (1/7/2018).


Rasyid mengatakan, ia sudah tiga kali melihat aktivitas para petani ini. Lahan yang digunakan para petani untuk menanam semangka merupakan lahan rawa-rawa.

Baca Juga : Rupiah Dan IHSG Kompak Menguat Sore Ini

“Kebetulan ayahnya temen saya petani di sana, jadi diajakin ke lahan semangka di sana luas sekali ribuan hektar. Ini kali ketiga saya lihat itu.

Katanya di sana itu sudah dari zaman dulu kayak gitu ngangkutnya. Saat ini di sana lagi musim panen semangka,” kata Rasyid kepada Terbaiknews.com, Rabu (11/7/2018).

Saat itu, Rasyid tengah bertugas memberikan pengarahan, mengawasi, dan memberikan penyuluhan kepada para petani.


Ia mengatakan, semangka dari lahan yang diangkut dengan menggunakan sampan ini ditarik oleh sebuah perahu motor dan kemudian dipindahkan ke perahu yang lebih besar saat sampai ke muara Sungai Negara, yang merupakan aliran Sungai Barito.

Setelah itu, semangka dibawa ke pinggir sungai, dan selanjutnya dipindahkan ke truk-truk untuk dipasarkan ke daerah lain di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

“Semangka yang di perahu tadi dimuat lagi di sini, abis itu dibawa ke sungai besar nanti dimuat lagi ke truk-truk,” kata Rasyid.

Baca juga: Presiden Jokowi Geleng-geleng Lihat Pertamina Hanya Eksplorasi Kecil-kecilan

Perjalanan menuju lahan semangka memerlukan waktu kurang lebih 1 jam dari Kecamatan Daha Selatan. Petani mengangkut hasil panennya menggunakan perahu karena tidak ada akses jalur darat menuju lahan yang ditanami semangka ini.

“Di sini jalur darat juga ada, tapi kalau ke lahannya ga bisa pake jalur darat,” lanjut dia. Menurut Rasyid, para petani di sana hanya menanam semangka saat musim kemarau karena saat musim hujan lahannya terendam air.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERBAIKNEWS.com © 2018 Frontier Theme