Menkominfo Bahas Kelanjutan Kerja Sama Ekonomi Digital saat Terima Kunjungan Dubes Singapura

TERBAIKNEWS.com | Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi menerima kunjungan Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng.

Dalam pertemuan itu, Menteri Budi Arie membahas kelanjutan kerja sama ekonomi digital sesuai dengan kerangka kerja sama ASEAN Digital Ministerial Meeting (ADMM).

“Menindaklanjuti bilateral meeting sebelumnya antarkedua negara, ada beberapa agenda penting mengenai pertemuan ASEAN Digital Minister Meeting tahun depan. Oleh karena itu, kami membahas kerja sama yang saling menguntungkan sebagai negara Anggota ASEAN,” kata Menkominfo saat menyampaikan keterangan kepada pekerja media usai pertemuan di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jum’at (27/10/2023).

Menteri Budi Arie menilai peluang kerja sama di bidang ekonomi digial sangat besar karena ASEAN diprediksi memiliki peluang perkembangan ekonomi digital mencapai lebih dari Rp20 Triliun pada tahun 2030 mendatang. Menurut Menkominfo, lompatan ekonomi digital akan membawa dampak yang luar biasa bagi kemajuan Indonesia dan Singapura serta seluruh negara ASEAN.

“Digital Economy ini kan adalah keniscayaan. Jadi ada beberapa isu misalnya tentang pelindungan data pribadi juga keamanan data dan pengembangan ekonomi digital,” tuturnya.

Menkominfo menjelaskan salah satu pembahasan dengan Dubes Singapura untuk Indonesia berkaitan dengan penanganan konten negatif di ruang digital. Menurutnya, Singapura telah mengembangkan identifikasi, verifikasi dan pemberian penjelasan kepada masyarakat dengan detil.

“Kita juga belajar dari Singapura bagaimana tidak asal melakukan takedown konten negatif. Tapi juga menyampaikan penjelasan kepada warganya. Meski di Indonesia untuk menjelaskan kepada sekitar 280 juta penduduk itu challenging kalau di sini,” tuturnya.

Tuliskan Komentar Anda di Sini