MPR Optimalkan Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Publik

TERBAIKNEWS.com | Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Sekretariat Jenderal MPR Indro Gutomo, SH, MH, menyebutkan MPR telah memanfaatkan media sosial (seperti X atau Twitter, Facebook, Instagram, Youtube, dan TikTok) sebagai bagian strategi komunikasi publik.

Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) pun telah melakukan evaluasi terhadap pengembangan media sosial MPR di antaranya melalui penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik (FKP) bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi.

“Melalui Forum Konsultasi Publik, kita datang ke masyarakat terutama perguruan tinggi, kemudian kita memperkenalkan media sosial MPR, untuk mendapatkan masukan, saran, dan rekomendasi bagi pengembangan media sosial MPR sebagai salah satu strategi komunikasi publik MPR,” katanya dalam Forum Tematik Bakohumas berbentuk Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pengembangan Media Sosial sebagai Sarana Komunikasi Publik” di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V, Komplek Parlemen, Jakarta, Rabu (29/11/2023). Turut berbicara dalam Focus Group Discussion ini Novalita Sari (Tenaga Ahli Bidang Komunikasi MPR dan Senior Spesialis Media Sosial di Kementerian Kelautan dan Perikanan), Ario Setiawan (Koordinator Tim Medsos MPR RI), serta dipandu moderator Dhina Kurnia Winanda. FGD diikuti oleh 100 lebih peserta dari kehumasan lintas kementerian dan lembaga.

Indro Gutomo menjelaskan Biro Humas dan Layanan Informasi MPR juga telah melakukan berbagai kegiatan yang merupakan bagian dari strategi komunikasi publik. Di antaranya, penerimaan delegasi masyarakat, penyuluhan perpustakaan dengan memperkenalkan Perpustakaan Digital MPR, PPID sebagai sarana bagi masyarakat secara langsung meminta informasi bahkan pengaduan berkaitan dengan MPR, diseminasi informasi di tempat publik, diskui mingguan tentang isu aktual dengan wartawan parlemen. “Selain itu, kita juga menyebarkan informasi melalui sarasehan kehumasan.

Forum Tematik Bakohumas MPR, Indro Gutomo : MPR Optimalkan Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Publik

Strategi komunikasi yang saat ini sedang giat dikembangkan adalah media sosial. Sebagai gambaran, media sosial yang ada di MPR adalah X (Twitter), Facebook, Instagram, Youtube, dan TikTok MPR,” jelasnya. Lebih lanjut Indro Gutomo menerangkan media Sosial MPR berisi beberapa hal, yaitu berita foto dan rilis kegiatan pimpinan yang disebarluaskan melalui platform media sosial. Kemudian, serba-serbi tentang MPR. Ada juga warna tentang keanekaragaman Indonesia, seni tari, seni budaya, serta kuis untuk menarik perhatian netizen, serta live streaming, youtube.

Tuliskan Komentar Anda di Sini