Pembuktian Talenta Musik Vokasi dari SMKN 2 Kasihan

TERBAIKNEES.com | Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kasihan, kabupaten Bantul menggelar pertunjukan orkestra bertajuk Anniversary Concert Reminiscing Memories pada Jumat (26/1/2024) di Taman Budaya Yogyakarta. Konser dalam rangka memperingati 72 tahun berdirinya SMKN 2 Kasihan ini sekaligus menjadi ajang pembuktian pengembangan talenta bakat musik pelajar melalui pendidikan vokasi untuk pemajuan industri musik nasional. Sabtu ( 27/01/2024).

Konser yang dibuat untuk umum ini melibatkan 248 siswa dan 42 alumni SMKN 2 Kasihan. Seluruh rangkaian acara pada konser kali ini sepenuhnya dikelola oleh para siswa sebagai upaya untuk memaksimalkan pembelajaran yang telah dilakukan di sekolah. Dengan demikian, mereka dapat merasakan langsung dan memiliki pengalaman terkait penyelenggaraan konser. Sementara pelibatan alumni, ditujukan untuk memberikan semangat sekaligus memberikan pengalaman yang dapat memicu semangat belajar siswa.

Total ada 12 lagu dari berbagai genre musik yang disajikan, mulai dari klasik, pop, hingga dangdut. Penyajian pertunjukan sendiri dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi klasik dan sesi lagu pop. Sesuai tema, para siswa mengemas pertunjukan tersebut secara mengalir dengan narasi yang seakan bercerita tentang nostalgia masa lalu.

Apresiasi

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, yang juga hadir pada konser tersebut menyampaikan apresiasinya kepada SMKN 2 Kasihan. Menurutnya, SMKN 2 Kasihan tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga hingga mancanegara sebagai salah satu rujukan musik klasik yang telah melahirkan talenta-talenta musik yang mendunia, salah satunya Putri Ariani.

Dalam menghadirkan siswa-siswi yang mahir dalam bermain musik klasik, SMKN 2 Kasihan menerapkan pembelajaran berbasis individu (individualized learning) yang diintegrasikan dengan kurikulum khusus dari sekolah musik di London.

“Setiap angkatan memiliki keunikan dan masing-masing anak memiliki keistimewaan, dan SMKN 2 Kasihan mampu membuat mereka lebih istimewa serta membimbing mereka untuk menemukan jati dirinya,” ujar Dirjen Kiki.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMKN 2 Kasihan, Turino, menyampaikan bahwa di usia ke 72 tahun ini, SMKN 2 Kasihan berharap dapat menjadi bagian dari pemajuan industri musik nasional bahkan dunia.