Pertemuan Vladimir Putin dengan Kim Jong Un Timbulkan Tanda Tanya

TERBAIKNEWS.com | Pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menimbulkan tanya tanya.

Pasalnya, kedua belah pihak tak mengadakan konferensi pers, tidak mengeluarkan komunike, dan tidak mengumumkan kesepakatan hasil pertemuan itu secara publik.

Selanjutnya, pertemuan keduanya di Rusia hanya menghasilkan informasi seperti Putin dan Kim berjabat tangan di Kosmodrom Vostochny di Wilayah Amur Rusia, Kim mendapat tumpangan dengan limusin Aurus buatan Rusia milik Putin, serta Kim bersulang untuk Putin, menjanjikan Rusia akan menghukum kekuatan jahat yang mengganggu Putin.

Namun, Putin tampaknya memberikan bantuan potensial kepada Kim ketika pemerintahannya sendiri terkena sanksi atas invasi besar-besaran ke Ukraina, yang tampaknya menghambat akses terhadap teknologi Rusia.

Saat berkunjung ke kosmodrom tersebut, seorang reporter bertanya kepada Putin apakah Rusia akan membantu Korut meluncurkan satelit dan roketnya sendiri dan ia menjawabnya dengan, “Itulah alasan kami datang ke sini.”

“Pemimpin Korea Utara menunjukkan minat yang besar terhadap luar angkasa, peroketan, dan mereka mencoba mengembangkan luar angkasa. Kami akan menunjukkan objek baru kami,” kata Putin, dikutip dari CNN Internasional, Kamis (14/9/2023).

Komentar