Puncak Peringatan Harsiarnas ke-90 di Kepri, Pemerintah Akan Tingkatkan Kepentingan Siaran di Perbatasan

TERBAIKNEWS.com | Rangkaian Peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-90 di Provinsi Kepulauan Riau yang berlangsung 10 sampai dengan 12 Agustus 2023 resmi ditutup oleh Menteri Komunikasi dan informatika RI Budi Arie Setiadi pada Acara Puncak bertempat di Panggung Utama Plaza Lagoi Bay, Kabupaten Bintan, Sabtu (12/08/2023).

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Dari Perbatasan Wujudkan Siaran Ramah, Bermartabat dan Berbudaya ini  menghadirkan penampilan artis ibukota  Fabio Asher dan Fitri Carlina untuk  menghibur peserta Rakornas dan masyarakat dengan menyanyikan berbagai lagu andalan seperti Rumah Singgah dan ikan dalam kolam. Selain  itu juga tampil Tarian kolosal negeri Bahari yang merupakan Gabungan Pelajar dan Mahasiswa Bintan. Kemudian juga dilakukan penandatanganan perangko sebagai tanda migrasi dari TV analog ke TV Digital oleh Menkominfo, Ketua KPI Pusat dan Gubenur Kepri.

Dalam sambutannya Menkominfo RI Budi Arie Setiadi menyampaikan isu penyiaran di daerah perbatasan perlu menjadi perhatian serius, mengingat kemunculan tantangan-tantangan nyata yang saat ini mulai dirasakan.

Puncak Peringatan Harsiarnas ke-90 di Kepri, Pemerintah Akan Tingkatkan Kepentingan Siaran di Perbatasan

Gambaran nyata atas fenomena ini telah terjadi di provinsi di mana diselenggarakannya Puncak Perayaan Hari Penyiaran Nasional saat ini yaitu Kepulauan Riau yang secara geografis berbatasan langsung dengan Malaysia, Singapura dan Vietnam. Letak geografis ini memunculkan beberapa isu spesifik dalam layanan penyiaran kepada masyarakat

Oleh karena itu Pemerintah terus berupaya mencari solusi dan inovasi kebijakan untuk layanan penyiaran di daerah perbatasan seperti dengan pemberian kemudahan perizinan untuk mendirikan TV dan radio swasta, mendorong efisiensi melalui penyelenggaraan multiplexing TVRI / serta memastikan era baru penyiaran digital di daerah perbatasan tetap dapat mengutamakan konten-konten nasionalisme,  kebangsaan dan kebhinekaan.

“Kami sebagai Pemerintah tidak dapat berjalan sendiri. Kami mengajak para insan penyiaran untuk bersinergi memikirkan solusi konkret atas tantangan-tantangan di daerah perbatasan ini. Kami secara khusus mengundang Bapak Ibu sekalian untuk berembug secara mendalam di Kementerian Kominfo segera setelah agenda Harsiarnas ini,” ajaknya.

Tuliskan Komentar Anda di Sini