Resmi Dilantik, Menkominfo Berkomitmen Kembangkan Potensi Anak Bangsa

TERBAIKNEWS.com | Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo berupaya mewujudkan visi Indonesia Maju. Kepala Negara menegaskan upaya itu akan dilakukan untuk semua sektor, termasuk program dan kebijakan strategis di bidang teknologi digital dan komunikasi.

“Kita optimis bahwa Indonesia Maju seperti yang dicanangkan Pak Presiden ini bisa kita wujudkan dalam gerak langkah di Kementerian Komunikasi dan Informatika,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat Serah Terima Jabatan di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (17/07/2023).

Menteri Budi Arie menjelaskan ekosistem teknologi digital terus berkembang seperti hadirnya Internet of Things (IoT), cloud computing, blockchain hingga artificial intelligence atau kecerdasan buatan serta data science. Menurutnya, Pemerintah memberikan perhatian penuh menyiapkan anak bangsa agar mampu menguasai teknologi digital terbaru itu.

“Jadi bagaimana tantangan kita bangsa ini ke depan adalah soal data science, karena cikal bakal AI itu adalah di kemampuan anak bangsa untuk menjadi data science kedepan karena apps mungkin akan tergeser oleh data,” tegasnya.

Menkominfo menyontohkan langkah negara maju seperti Amerika Serikat dan China yang telah menyiapkan ekosistem sumberdaya manusia di bidang teknologi digital. Oleh karena itu, Menteri Budi Arie mengharapkan agar Indonesia tidak hanya sebatas menjadi penonton.

Tuliskan Komentar Anda di Sini