Keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 Tidak Ada Kaitannya Konsistensi Politik Indonesia Terhadap Palestina

TERBAIKNEWS.COM | Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo telah menjamin keikutsertaan Israel pada Piala Dunia U-20 bahwa tidak ada kaitanya dengan konsistensi posisi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

Dalam keterangan Persnya pada Selasa (28/03/2023) di Istana Merdeka, Jakarta, Jokowi menegasakan bahwa dukungan kita terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat.

“Pemerintah Indonesia sependapat dengan Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun terkait Piala Dunia U-20“, ucap Jokowi.

Jokowi menambahkan, dalam urusan Piala Dunia U-20 ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi, jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik.

“Indonesia selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina. Selain itu, Indonesia juga mendukung penyelesaian two-state solution negara Israel dan negara Palestina merdek,” tegas Kepala Negara.

Jokowi juga mengatakan bahwa ini sesuai dengan konstitusi, menolak penjajahan dalam bentuk apapun dan ini selalu kita sampaikan dalam forum-forum bilateral, forum multilateral, maupun forum internasional lainnya.

Dalam pernyataannya, Presiden juga menyampaikan bahwa penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 telah melalui proses bidding dan seleksi panjang hingga akhirnya Indonesia berhasil mengungguli dua kandidat lainnya yaitu Brasil dan Peru.

Komentar