Mesin X-Ray di Pelabuhan Sri Bintan Tidak Beroperasi, Kepala KSOP Tanjungpinang Terkesan Abaikan Aturan

TERBAIKNEWS.com | Mesin X-Ray di Pelabuhan Tanjungpinang tidak dioperasikan hingga sampai ini.

Dari pantauan tim media, tampak setiap penumpang yang lewat area mesin X-Ray ini tidak ada yang memasukkan barang bawaannya di dalam mesin tersebut. Hal ini pun terungkap setelah media ini melakukan konfirmasi kepada beberapa sumber di pelabuhan Sri Bintan Tanjungpinang pada Selasa (28/11/2023), sekira 11.30 WIB.

Dari keterangan yang dihimpun di lapangan, salah seorang pekerja yang tidak ingin disebutkan namanya menyampaikan bahwa mesin X-Ray ini sudah lama tidak beroperasi dan beberapa kali diperbaiki.

“Sudah lama tidak digunakan. Mesin ini juga udah rusak. Sudah pernah diperbaiki tapi tidak bisa pakai juga,” ucapnya ke awak media ini.

Di tempat yang sama juga, saat dilakukan konfirmasi kepada pekerja lain yang diduga sebagai Staf KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Tanjungpinang dan enggan menyebutkan namanya itu mengatakan jika barang tersebut sudah diperbaiki.

“Mesinnya sudah bagus dan dapat difungsikan seperti biasanya,” katanya.

Ia menambahkan jika Mesin X-ray ini tidak beroperasi lagi sejak sudah ada pergantian KSOP Tanjungpinang.

“Sebelumnya, mesin ini berfungsi dan pernah digunakan saat Kepala KSOP Tanjungpinang, Letkol Marinir Benyamin Ginting. Namun, Kepala KSOP Tanjungpinang yang saat ini, Ridwan Chaniago tidak lagi beroperasi,” lanjutnya menjelaskan.

Untuk diketahui, secara garis besar, Mesin X-Ray merupakan peralatan yang mendeteksi terhadap barang-barang berbahaya yang meliputi senjata api, senjata tajam, benda dari logam yang dianggap berbahaya, obat-obat terlarang serta bahan peledak yang ditampilkan dalam sebuah gambar pada monitor display yang bertujuan untuk pencegahan terjadinya hal-hal yang membahayakan keamanan dan keselamatan.

Hingga berita ini dinaikkan, tim media masih berupaya untuk mendapatkan informasi yang valid terhadap pihak-pihak terkait.

Part I

(Red)

Komentar