Sudah Lama Rusak Parah, Warga Tanam Pohon di Jalan sebagai Protes ke Pemerintah Kota Batam

TERBAIKNEWS.com | Dengan muak dan kesal terkait jalan rusak yang tak kunjung diperbaiki, warga RW 15 Perumahan Taman Anugerah, Rosinton, dan Sukamaju, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, melakukan protes.

Bentuk dari kekesalan dan protes warga tersebut, yakni dengan menanam pohon pisang di sepanjang jalanan itu, tepatnya di setiap lubang jalan. Hal tersebut dilakukan saat warga di wilayah setempat melaksanakan gotong royong pada Minggu pagi (19/11/2023).

Mantan Ketua RW 15 Perumahan Taman Anugerah, Zulfikar Wazari membenarkan aksi tersebut. Ia mengatakan, jalan itu merupakan akses utama bagi warga setempat.

“Jalan itu sepanjang lebih kurang satu kilometer dan akses warga perumahan yang ada di RW 15. Penanaman pohon pisang ini bentuk kekecewaan kami,” kata Zulfikat Wazari yang pernah menjabat sebagai ketua RW 15 dari tahun 2014-2020.

Lebih lanjut ia mengatakan, sudah sejak lama jalan ini diajukan pembangunannya melalui Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan).

“Bahwa jalan ini sudah pernah lama kita ajukan di setiap Musrenbang waktu saya jadi RW 15 tapi sampai sekarang tidak ada terealisasi. Hanya pernah di tahun 2021 silam, ketika itu Walikota Batam, Muhammad Rudi dan Anggota DPRD Kota Batam Safari Ramadhan ke perumahan, kami minta di semenisasi, tapi beliau bilang cukup kita ratakan pakai bauksit dulu. Karena anggaran daerah tengah difokuskan untuk pelebaran jalan,” bebernya.

Akan tetapi, lanjut dia, perataan tanah itu tidak berlangsung lama. ”Itupun hanya bertahan 3 (tiga) bulan saja karena setiap hujan tanahnya terbawa air. Setelah itu tidak ada lagi bantuan untuk perbaikan jalan tersebut,” jelas dia.

Komentar