Rakerda Dekopin Batam dan Buka Puasa Bersama

TERBAIKNEWS.com | Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kota Batam gelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2024 sekaligus buka puasa bersama.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Golden Prawn, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Selasa (2/4). Turut hadir Ketua Dekopin Wilayah Provinsi Andy Bola, Ketua Dekopin Kota Batam Ir. Fandy Iood, Ketua Panitia Hendri, perwakilan dari mitra yakni Telkomsel Kota Batam dan penceramah Ustad Sofian serta para undangan.

Ketua Dekopin Batam, Ir. Fandy Iood dalam sambutannya mengatakan bahwa koperasi adalah fundamental ekonomi negara sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Rakerda Dekopin Batam dan Buka Puasa Bersama

“Landasan strukturil Koperasi Indonesia adalah Undang- undang Dasar 1945 dan landasan geraknja adalah pasal 33 ajat (1) Undang-undang Dasar 1945 beserta pendjelasannja. Landasan mental Koperasi Indonesia adalah setia kawan dan kesadaran berpribadi,” jelas Ir. Fandy Iood.

Pada kesempatan ini, menyampaikan bahwa dari hasil Rakerda hari ini, pertama mendukung Batam Provinsi Kepri sebagai tuan rumah hari koperasi nasional Juli 2024 mendatang, yang kedua meminta kepada walikota Batam untuk memfasilitasi pengadaan lahan untuk kantor sekretariat Dekopin Batam.

Ir. Fandy Iood menambahkan, kalau Negara itu tidak mendukung koperasi, maka Negara tersebut dapat dikatakan Negara gagal. Sama halnya jika Gubernur dan Walikota tidak bisa mengembangkan dan menjalankan koperasi, maka kepemimpinannya dapat disebut kepemimpinan yang gagal.

“Karena Koperasi merupakan salah satu faktor kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya di golongan UMKM (Usaha, Mikro Kecil dan Menengah), sesuai dengan visi founding father, bapak bangsa bapak koperasi Muhammad Bung Hatta,” ungkapnya.

Ketua Dekopin Batam mengharapkan kepada Pemerintah Daerah agar selalu memperhatikan koperasi yang ada di kota Batam.

“Karena koperasi merupakan salah satu bagian atau tubuh yang penting yang tidak terpisahkan bagi kemajuan kota Batam itu sendiri.

Ketua Panitia Rakerda Dekopin Batam, Hendri mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang hadir atas terselenggaranya Rapat Kerja Daerah kota Batam dan buka puasa bersama.

“Semoga ke depannya, Dekopin Batam semakin dan terus berkembang serta semakin jaya dalam mengembangkan dan memajukan kesejahteraan rakyat, khususnya para pelaku UKM di Kota Batam,” pungkas Hendri./Red.