HUT UMKM Nasional 2023, Komunitas UNK Dorong Transformasi Digital

TERBAIKNEWS.com | Memperingati Hari UMKM Nasional, Komunitas UMKM Naik (UNK) Kelas kembali menggelar kegiatan dengan tema ‘’Transformasi Digital UMKM Masa Depan,’’ di Hotel Borobudur, Jakarta, Sabtu 12 Agustus 2023.

Ketua UMKM Naik Kelas Raden Teddy dalam sambutannya mengatakan UMKM memiliki Konstribusi yang cukup besar pada Indonesia, antara lain 97% tenaga kerja, lebih dari 60% PDB, 15,5% ekspor merupakan sumbangsih UMKM.

“Kemajuan teknologi tidak dapat dihindari akan berbagai perubahan termasuk strategi pemasaran produk UMKM, dimana Dunia Digital terbukti ampuh membantu UMKM saat menghadapi Pandemi Covid 19, transaksi penjualan meningkat lebih dari 300%,” kata Teddy, Sabtu (12/8/23).

HUT UMKM Nasional 2023, Komunitas UNK Dorong Transformasi Digital

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan berdasarkan data dari kemnkop UKM RI tahun 2022, bahwa baru 20,6 juta UMKM yang berjualan secara Digital, dimana target sampai dengan 2024 sebanyak 30 juta UMKM masuk dunia digital.

“Berdasarkan hasil survey Komunitas UMKM Naik Kelas tahun 2022, bahwa ada 2 kendala utama pelaku UMKM masuk dunia digital yaitu, pertama sarana dan prasana yang kurang menunjang dan kedua kompetensi yang masih sangat lemah,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pelaku UMKM masih banyak yang tidak memiliki sarana digital yang memadai seperti Perangkat Komputer, Laptop atau Android yang dapat menunjang penjualan online, juga pengetahuan UMKM pada penjualan Online masih sangat lemah, masih banyak membutuhkan literasi dan pembinaan berkesinambungan, serta motivasi pelaku UMKM untuk dapat berkembang secara baik.

“Dalam rangka Hari UMKM Nasional tahun 2023, Komunitas UMKM Naik Kelas menyelenggarakan peringatan acara secara Hybrid bekerjasama dengan Samsung Elektronic Indonesia, dengan tema Transformasi Digital UMKM Masa Depan dimana akan dilakukan diskusi atas tema, untuk mendapatkan solusi strategi mengatasi agar UMKM dapat masuk dunia digital,” pungkasnya.

Komentar